BETTER BODY POSITION AND WHAT YOU PROPER TO LEARN TO BE MORE FASTER AND SAFER
POSISI TUBUH YANG LEBIH BAIK DAN APA YANG KAMU PERLU UNTUK BELAJAR MENJADI LEBIH CEPAT DAN AMAN
Mengapa posisi tubuh (berikutnya kita akan sebut sebagai body position) yang tepat bisa membuat kita lebih cepat dan aman ketika riding dan cornering? Berikut hal-hal yang bisa kamu pelajari :
1. ADA ALASAN MENGAPA SEMUA PEMBALAP GP TERLIHAT SAMA DALAM MEMBALAP
7. ERGONOMI MOTOR MEMBANTU
Mengapa posisi tubuh (berikutnya kita akan sebut sebagai body position) yang tepat bisa membuat kita lebih cepat dan aman ketika riding dan cornering? Berikut hal-hal yang bisa kamu pelajari :
1. ADA ALASAN MENGAPA SEMUA PEMBALAP GP TERLIHAT SAMA DALAM MEMBALAP
Bandingkan antara gaya membalap marc, jorge, dani pedrosa bahkan valentino rossi atau siapapun dalam lintasan balap. Kecuali dari warna wearpack yang mereka pakai, gaya membalap mereka terlihat sama! Ini karena gaya membalap tersebut lebih diterima dan dikembangkan dan dianggap sebagai praktek terbaik untuk olahraga motor sport. Tentu saja saya, anda dan hampir kebanyakan orang yang menyukai olahraga motor sport setuju akan hal ini dan mendapat keuntungan dari mereka.
2. BUKAN TENTANG ELBOW DOWN
Ini lebih tentang safety. Alasan pembalap motogp menggantung di motor bukan ajang show off; ini untuk mengurangi sebanyak mungkin lean angle dari motor, dalam kecepatan tinggi sebisa mungkin. Sedikit lean angle berarti lebih besar area kontak ban ke aspal, lebih besar kemungkinan kesalahan dan kemampuan rem menjadi lebih lambat dan akselerasi menjadi terlalu dini. Sementara kita tidak menerima perlakuan sama di level yang sama atau lean di jalan atau di lintasan kita masih tetap bisa menerima keuntungan dari mereka.
3. MICK DOOHAN JUGA BISA SALAH
Mungkin saat ini, ban modern sudah tidak cocok lagi dengan gaya mengeluarkan bokong(maaf) dari seat dan menjaga badan berlawanan dengan tanki agar kepala tetap bisa tegak. Kenyataannya yang berlawanan justru benar. Agar benar, body position saat ini, sebaiknya anda hanya mengeluarkan sebagian dari bokong anda lalu rebahkan badan dan helm anda searah dengan jalan.
4. KENAPA BISA BEKERJA?
Dari pandangan di depanmu, bayangkan garis lurus melalui tengah ban depan. Ini agar berat badan bisa memberikan efek sebaik mungkin untuk lean angle motor, posisikan badan anda sebisa mungkin antara garis tersebut dan dasar jalan, ketika di dalam tikungan. Selanjutnya dalam arah anda melaju, semakin sedikit motor akan memerlukan lean saat kecepatan tertentu. Katakanlah.. saat kecepatan 73Kpj, anda harus memiringkan motor anda di 45 derajat untuk bisa melewati tikungan sambil duduk tegak di atas motor. Menggunakan body position, anda bisa mengurangi kemiringan saat 73Kpj (secara hipotesis) menjadi hanya 35 derajat. Lebih amannya; anda memerlukan lebih banyak kontak ban dengen jalan dan memerlukan lebih banyak grip. Jika anda tiba-tiba harus mengoreksi linemu, kamu bisa menambah 10 derajat lagi, dan tidak ada masalah. Atau, untuk tujuan agar bisa lebih cepat, 45 derajatmu tiba-tiba bisa merubah kecepatan menjadi lebih cepat lagi.
5. BAGAIMANA ANDA BISA MELAKUKANNYA
Sejujurnya, hal sederhana terbaik untuk dilakukan adalah mempelajari foto dari pembalap, jurnalis dan pengendara cepat lainnya kemudian cobalah untuk menirukan body positionnya. Ada cara mendasar agar bisa berhasil. Kita asumsikan kamu siap untuk berkendara dengan kaki di footpeg dan berat badan tidak terpusat pada handlebar. Pertama, keluarkan setengah bokongmu dari jok. Arah tikungan seharusnya menjadi arah kamu mengeluarkan bokongmu. Kemudian, buka lenganmu dan dadamu searah dengan tikungan dan coba "cium" dari balik kaca. Ini seharusnya bisa menurunkan badanmu searah dengan jalan, tapi saran yang lebih baik adalah menyentuh atas tanki dengan lengan sepenuhnya membuka keluar. Ingat.. untuk selalu melihat kemana kamu akan melaju dan... selamat kamu sudah mendapat body position yang bagus.
6. APA YANG HARUS DILAKUKAN DENGAN BERAT BADAN
Kunci paha dan lutut bagian luarmu ke bagian tanki yang memang di desain untuk menahannya; disebut menggantung untuk alasan tertentu. Fokuskan berat badan pada kaki yang berada di footpeg, tapi tetap jaga kaki sebelah dalam cukup bebas sehingga bisa menekuk kakimu. Dengan cara itu, ketika lutut diturunkan, kakimu bisa ditekuk ke dalam dan tidak mengganggu kemampuanmu untuk lean. Jangan sekali-kali memusatkan beban di lututmu seperti menyeretnya (dragging), itu akan mengurangi beban dari ban dan bisa menyebabkan lowside. Jangan juga memberi beban pada stang motor. Lakukan corner sehalus mungkin dan biarkan motor melaju dengan jalurnya sendiri, itu juga memberi kemudahan padamu untuk mengendalikannya.
Ketika kamu memulai akselerasi keluar tikungan, perlahan tahan tubuhmu tetap rebah sambil perlahan mendorong motor untuk tegak. Sedikit lean angle berarti kamu bisa menggunakan lebih banyak gas, dan akselerasi secepat mungkin. Kemudian, sambil kamu bersiap untuk tikungan berikutnya, pindahkan berat badanmu melalui kakimu dan geser bokongmu ke arah berlawanan tanpa terpental dari jok ataupun stang motor; seharusnya mudah untuk melakukannya dengan halus.
Ya.. ergonomi motor sangat membantu dalam proses belajar. Sangat baik untuk memulainya dengan kondisi kendaraan standar tanpa ada modifikasi. Karena ketika motor itu diciptakan juga sudah melalui kalkulasi dan pertimbangan yang tepat dari para insinyur pembuatnya dan juga sudah melalui serangkaian test untuk kemudian bisa diluncurkan. Namun jika dikemudian hari ternyata ergonomi kurang bersahabat untuk bisa membantu proses belajar, bisa dilakukan modifikasi pada kendaraan dengan catatan menambah kemudahan untuk belajar namun tidak menghilangkan sisi efisiensi dan safety dari kendaraan itu sendiri.
8. APAPUN MOTORMU TIDAK MASALAH
Mau motor naked, motor fairing, matic atau bahkan vespa sekalipun prinsipnya tetaplah sama. Karena semua tergantung bagaimana kita bisa mengendarai motor dan bisa mengendalikannya.
9. MENOLONG JUGA KETIKA RIDING DI CUACA BURUK
"Menggantung" atau lean corner dengan body position yang tepat seperti pembalap motogp membuat kita bisa melaju dengan cepat. Di lintasan balap, jalan besar, cuaca cerah atau bahkan cuaca buruk sekalipun tetap bisa dilakukan dengan aman. Dengan lean angle yang tepat dan kecepatan yang tepat juga sangat membantu untuk membuat ban tetap bisa "mengigit" di aspal.
10. TAPI ITU SEMUA BUKAN SEGALANYA
Mempelajari kemudian mempraktekannya dengan benar tentu adalah sebuah kewajiban, tapi apabila ada dari kalian yang mungkin tidak bisa sepenuhnya sama dengan apa yang sudah diajarkan bukan berarti kalian adalah biker/rider yang buruk. Semua hanya soal waktu dan kemauan kamu untuk belajar dan mempraktekkannya. Menjadi satu dengan motor dan bisa menikmatinya adalah yang terpenting, bukan untuk terlihat keren di dalam foto.
Then.. after all.. all i can say is keep the brotherhood and ciaooo!!
SUMBER : Diterjemahkan dengen beberapa perubahan agar bisa dipahami dengan mudah dari rideapart.com - 10 things you need to know about motorcycle body position
Post a Comment