MACAM-MACAM JENIS KONFIGURASI MESIN MOTOR

MACAM-MACAM JENIS KONFIGURASI MESIN MOTOR

Di Indonesia khususnya saat ini hanya di kenal 3 jenis konfigurasi mesin motor, yaitu mesin rebah yang di dulu kebanyakan di pakai oleh kebanyakan motor bebek, selanjutnya adalah mesin tegak 1 silinder dan mesin tegak 2 silinder yang saat ini jamak digunakan oleh sebagian besar motor sport di indonesia, bahkan motor komuter pun (motor bebek) saat ini ada yang menggunakan mesin tegak antara lain Yamaha MX-King dan Honda Supra-GTR.

Nah di bawah ini kita akan mempelajari jenis-jenis konfigurasi yang mungkin saat ini belum banyak dikenal di indonesia namun sudah mahfum digunakan di dunia baik untuk kendaraan sehari-hari, keperluan touring, mereka yang hobby riding motor sport juga untuk keperluan balap resmi.

1. Mesin 1 Silinder


Mesin 1 silinder, mesin yang jumlahnya paling banyak diproduksi, maklum boleh dibilang hampir tidak ada motor berkapasitas dibawah 250cc menggunakan silinder lebih dari 1. Dan mesin 1 silinder ini memiliki cukup banyak konfigurasi, yaitu konfigurasi (Tidur), (Tegak / Vertikal) dan 45 derajat.
Contoh motor di bawah 250cc yang menggunakan mesin tegak 1 silinder adalah Yamaha R15 dan Honda CBR150R, sedangkan untuk genre supermoto atau cross ada Kawasaki D-Tracker dan Viar Cross-X Series.

Karakter dari mesin 1 silinder : Suaranya “memekakan telinga” … Torsi besar !

Mesin 1 silinder bukan berarti khas motor kecil, motor besar seperti KTM Duke 690 (hampir 700cc) menggunakan mesin 1 silinder. Motor yang menggunakan konfigurasi mesin ini adalah mereka yang mencari dua hal ( Torsi + Bobot minimum) jadi tidak heran motor supermoto dan cross rata rata menggunakan mesin 1 silinder!

Keunggulan (+)
  1. Bobot yang dimiliki rendah
  2. Minim maintenance
  3. Torsi besar diputaran bawah
  4. Getaran kecil di putaran bawah
Kekurangan (-)
  1. Suaranya memekakan telinga
  2. Amat bergantung pada positioning cylinder
  3. Top speed kurang
  4. Getaran tinggi diputaran atas
2. Mesin Tegak Inline 2 Silinder



Ini merupakan solusi paling strategis bagi konfigurasi mesin. Karena mesin ini biaya produksinya murah, maintanance rendah namun menawarkan sesuatu yang berbeda dibandingkan mesin 1 silinder. Berbagai tipe motor menggunakan mesin ini. Sebut saja, mesin Ninja 250R, BMW F800GS hingga Norton Commando menggunakan mesin berkonfigurasi ini.

BMW F800R/GS

Suaranya seperti “kopong” tapi khas !

Suara Ninja 250, ER6 hingga F800GS suaranya khas, tidak terlalu merdu, tapi tidak memekakan telinga. Mesin 2 silinder inline ini amat mudah untuk di “oprek” dan memiliki central of gravity yang amat baik. Simpelnya motor ini menawarkan solusi yang cerdas!

Keunggulan (+)
  1. Top end power cukup baik
  2. Maintenance yang rendah
  3. Torsi merata di putaran bawah, tengah dan atas
  4. Mudah di upgrade
  5. Getaran merata di putaran bawah, tengah dan atas
Kekurangan (-)
  • Suara motor khas tapi tidak “berkarakter”
  • Jika dilakukan head to head, tidak akan menang dibandingkan konfigurasi mesin lainya yang berkarakter dan sering kali dianggap “cheap twin engine”.
3. Mesin "American V-Twin"


Mesin khas 2 silinder V-Twin murni alias benar benar berbentuk V-Twin ini memang khas motor muscle dan cruiser Amerika Serikat. Khususnya digunakan siapa lagi kalo bukan Harley Davidson dan Victory Motorcycle. Mesin ini memiliki bentuk yang khas, berupa huruf “V” karena jarak antar silinder berukuran sempit (Jika Ducati 90 derajat, Aprilia 60 derajat maka mesin ini lebih sempit lagi)

Mesin “V” twin, suaranya khas … getarannya khas!

Mesin V-twin khas amerika, memiliki karakter yang unik, yaitu getaran mesin yang tinggi. Bukan karena orang amerika gak bisa bikin mesin yang bener, tapi karena getaran (pergerakan) silinder mesin tersebut terpusat di titik yang berdekatan makanya gerakannya justru menjadi mirip getaran. Apapun itu yang pasti mesin “V” twin ini ongkos produksinya mahal!

Keunggulan (+)
  1. Suara mesin yang khas
  2. Getaran mesin menjadi identitas motor tersebut
  3. Torsi berlimpah + bobot berat menjadi terkontrol
  4. Maintenance murah
Kekurangan (-)
  1. Konfigurasi mesin memastikan siap memanaskan “rider junior”
  2. Mesin sangat panas
  3. Top end power amburadul
  4. Getaran ada di setiap putaran
  5. Center of gravity diatas
4. Mesin V-Twin 60 Derajat melintang khas MotoGuzzi



Sepertinya hingga saat ini cuma Motoguzzi yang menggunakan mesin V-twin 60 derajat melintang. Bentuk silindernya memang mirip konfigurasi biasa, namun mesin di posisikan melintang. Sehingga bentuk mesin terlihat amat unik dan menjadi ciri khas tersendiri dari motor ini.


Contohnya adalah MotoGuzzi V7 Racer. Motor ini menggunakan mesin V-twin melintang dan memang khas sekali getarannya. Meski saat digunakan motor terasa bergetar kanan – kiri, seperti gak stabil dan memang centre of gravity motor ini pun tinggi bener, tapi tetap keren terutama dari sisi estetika.

Kelebihan (+)
  1. Getaran mesin khas
  2. Mesin terlihat amat berkarakter
  3. Tidak panas karena diposisikan diluar
  4. Distribusi tenaga halus
Kekurangan (-)
  1. Ongkos produksi tinggi
  2. Center of gravity tinggi
  3. Bagi sebagian orang terasa aneh
  4. Tenaga top end kurang.
5. Italian L-Twin 90'


Mesin L-Twin 90 derajat sering di kaitkan dengan mesin desmodromic punya ducati. Ya karena memang ducati yang paling setia menggunakan konfigurasi mesin L ini sekalipun Aprillia juga menggunakan konfigurasi L-Twin ini untuk beberapa motornya kecuali RSV4 yang menggunakan mesin V4. Oleh karena itu mesin L-Twin sering menjadi ciri khas dari motor Made in Italy.


Karakter mesin “L” twin identik dengan mesin desmodromic.

Keunggulan (+)
  1. Suara mesin dan knalpot yang khas dan berkarakter
  2. Ditangan biker yang berpengalaman sangat enak diajak nikung.

Kekurangan (-)
  1. Biaya maintenance amat tinggi
  2. Torsi terlalu liar
  3. Tenaga top end dianggap lemot
  4. Getaran terasa di semua putaran
  5. Amat mudah overheat
  6. Pada kecepatan rendah, motor terasa tersendat sendat
  7. Posisi Silinder Vertikal tepat berada dibawah “rider junior”
  8. Posisi mesin amat memakan ruangan pada frame motor
6. Boxer Engine atau Mesin Boxer


Mesin boxer mungkin lebih dikenal dalam dunia roda 4 seperti mesin Subaru Impreza atau Porsche. Tapi di dunia motor hanya BMW yang konsisten menggunakan mesin ini. Apalagi kalo bukan keluaran BMW R-1200GS-nya. Meski demikian awalnya mesin ini adalah mesin yang digunakan untuk pesawat pada era tahun 40an.


Mesin Boxer memiliki karakter seperti mesin diesel!!

Mirip seperti mobil, mungkin begitu rasanya jika mengendarai motor bermesin boxer. Mobil tersebut khususnya menggunakan mesin diesel, dimana tenaga di putaran bawah amat halus namun tetap amat bertenaga, meski diputaran atas cepat ngos ngosan. Tapi toh memang BMW R1200GS sebagai pengguna mesin boxer juga berfungsi mirip truk karena juga bisa mengangkut beban yang banyak untuk keperluan touring.

Keunggulan (+)
  1. Bentuk mesin sangat khas
  2. Sangat Reliable
  3. Maintenance rendah
  4. Torsi tersedia di semua putaran
  5. Penyaluran tenaga sangat smooth
  6. Tidak mudah panas
  7. Hemat BBM
  8. Suara mesin halus
Kekurangan (-)
  1. Ongkos produksi mesin amat mahal
  2. Top end power amburadul
7. Mesin Triple Cylinder


Mesin 3 silinder saat ini di era modern dipopulerkan oleh Triumph lewat Triumph 675 Daytona (supersport) dan varian Tiger dan Street triple, sementara di Mv Agusta ada Mv Agusta F3 675 (supersport) dan Brutale 675. Motor ini memang berkapasitas nanggung namun dengan jumlah silinder nanggung tetap memiliki banyak keunggulan. 



Mesin 3 silinder, memaksimalkan antara kombinasi Torsi dan top end power. Saat ini selain Triumph dan MV Agusta yang memakai mesin 3 Silinder Inline juga ada Yamaha dengan MT-09. Bedanya... Yamaha MT-09 ditambahkan teknologi CP3 alias Cross Plane 3 dimana memang mesin-mesin Yamaha saat ini identik dengan mesin-mesin berteknologi Cross Plane crankshaft yang keunggulannya power band dari mesin lebih merata di rentang bawah, tengah dan atas. Selain MT-09 Yamaha juga sudah meluncurkan MT-09 Tracer yang ditambahkan sistem elektronik yang lebih mumpuni seperti traction control untuk keperluan touring.

Yamaha MT-09 Tracer

Yamaha MT-09


Jika mesin 2 silinder bermodel V apalagi L akan mengandalkan torsi maka mesin inline 4 akan mengandalkan top end power. Nah mesin 3 silinder menggabungkan keduanya. Torsi didapat di putaran “cukup rendah” dan “cukup besar” tapi tidak seperti mesin twin, namun tenaga top end pun didapat di putaran mesin yang “tidak terlalu tinggi", getaran mesin pun demikian, tidak separah mesin twin tapi juga tidak sehalus mesin inline 4.

Keunggulan (+)
  1. Getaranya tergolong halus
  2. Ongkos produksinya relatif murah
  3. Mengkombinasikan keunggulan 2 silinder dan 4 silinder
  4. Menter of gravity baik
  5. Responsif namun tidak liar
Kekurangan (-)
  1. Suara mesin jelek sekali
  2. Top end power dan torsi tetap kalah dibandingkan mesin 4 silinder dan twin engine
  3. Sering dianggap tidak berkarakter
8. Inline 4 Engine  atau Mesin inline 4 silinder


Mesin inline 4 ini digunakan oleh seluruh tipe sport bike dan superbike, kecuali oleh Ducati dan Aprilia. Mesin ini amat terkenal lewat suaranya yang membulat dan merdu. Boleh dibilang mesin ini menawarkan banyak keunggulan daripada kekurangan. Bahkan boleh dibilang mesin ini menawarkan value for money terbaik dari mesin-mesin yang lainnya.

Yamaha R6

Mesin Inline 4 Silinder memiliki karakter Top End yang khas dan gila!!

Mesin inline 4 sering dianggap lemot torsi, khususnya oleh pengguna mesin “Twin” sepeti Ducati dan HD. Namun sebenarnya ini adalah konfigurasi mesin paling efisien, baik segi biaya produksi, power dan torsi maupun bobot. Makanya mesin inline 4 sangat populer dikalangan biker.

Keunggulan (+)
  1. Suara mesin amat merdu
  2. Top end power optimum
  3. Getaran mesin sangat halus
  4. Konfigurasi mesin fleksibel
  5. Biaya produksi murah
  6. Biaya maintenance murah
Kekurangan (-)
  1. Mesin terlalu lemot torsi
  2. Dianggap tidak berkarakter

9. V4 Engine atau Mesin V dengan 4 silinder


Sebut saja Honda RC211, 212, 213 V engine, Suzuki GSV-R engine dan sebagian besar motor CRT menggunakan mesin berbasis V4 (dalam hal ini aprilia RSV-4) karena memang mesin ini pada awalnya di desain untuk keperluan balap tapi baru-baru ini KTM juga menggunakan V4 untuk mesin KTM RC16 yang akan digunakan ketika memutuskan untuk turun di kelas MotoGP 2017. Namun kemudian ada juga digunakan untuk penggunaan normal seperi pada honda VFR dan RSV4.

KTM RC16

Mesin V4 memiliki karakter yang buas dan liar!!

Jika mesin L menawarkan Torsi melimpah, mesin V menawarkan hal serupa namun belum optimal, tetapi begitu di kali dua, maka hasilnya adalah konfigurasi mesin yang mampu memproduksi torsi melebihi mesin L. Itu baru kasus pertama, mesin 2 silinder inline menawarkan top end, tapi jika dikalikan dua? Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana karakter dari mesin V4 ini.

Keunggulan (+)
  1. Power melimpah ruah di setiap putaran (kalo anda pembalap)
  2. Torsi melimpah ruah di setiap putaran (kalo anda stuntman)
  3. Mesin sangat responsif (kalo anda free styler)
  4. Centre of gravity berada di titik optimum (kalo anda Casey Stoner)
  5. Konfigurasi mesin mudah di rubah (kalo anda Marc Marquez)
  6. Top end power dan Torsi maksimum mudah di dapat (kalo anda mau bunuh diri dengan style)
Kekurangan (-)
  1. Biaya produksi mahal
  2. Maintenance tinggi
  3. Sulit digunakan di kecepatan rendah atau harian
  4. Mesin sangat panas
  5. Untuk mengontrol anda bergantung pada piranti elektronic
  6. Suicidal engine configuration atau mesin untuk bunuh diri jika anda belum berpengalaman

Yak.. sekian pengenalan kita akan macam-macam jenis konfigurasi mesin yang digunakan selain di indonesia. Semoga bisa menjadi manfaat buat anda semua. Ciaoo.. Keep the brotherhood.

Sumber : Kaskus dengan beberapa tambahan info pribadi.


6 komentar:

  1. Bosan main poker sama ROBOT? Kapan untungnya?
    Kini Hadir Game Terbaru ===>> GAME SAKONG
    Mari.. bergabung bersama kami di ROYALQQ, main poker tanpa Robot 100% player vs player.
    Deposit Minimum Rp. 15.000
    www,royalqq,poker
    Support Bank BCA, MANDIRI, BNI, BRI
    add 2B68D666

    BalasHapus
  2. Pusat Cover Motor dan Mobil Berkualitas - Artikelnya bagus min, semoga terus bisa berbagi artikel yang bermanfaat lainnya, lain kali main kesini lagi

    BalasHapus
  3. Mesin inline 4 yang ada di yamaha R6 itu jos banget euy, suaranya bikin resap di hati, pernah nyoba sih punya temen, sampe ngeri lecet klo pake. harganya juga maknyus bikin dompet bolong euy, tapi pribadi sih gue lebih milih R15 atau R25 aja dah, krn untuk kebutuhan juga udah cukup banget, kemaren sempat liat-liat produk yamaha terbaru di website resminya https://www.yamaha-motor.co.id/products harganya juga lumayan ternyata hahah

    BalasHapus
  4. Top markotoplah v4 apalgi ini dah keluar ducati superleggera v4r makin maknyus

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.