INFO DAN TIPS KALA MUSIM MUDIK LEBARAN TIBA

Setiap tahun ketika menjelang tiba Hari Raya Idul Fitri, banyak orang selalu menyempatkan diri untuk bisa pulang ke kampung halamannya untuk bisa bersilaturahmi kembali dengan keluarga. Biasanya kegiatan ini banyak dilakukan oleh mereka yang tinggal jauh di perantauan untuk bekerja atau juga menempuh pendidikan. Oleh karena itu momen lebaran menjadi sangat penting karena mereka bisa bertemu dengan orang-orang yang mereka kasihi.



Karena banyak orang pulang ke kampung halaman (berikutnya kita sebut mudik lebaran) otomatis volume kendaraan yang lewat di jalan raya juga meningkat dengen pesat. Hal ini dikarenakan tidak setiap mereka bisa mendapat jasa transportasi umum untuk bisa pulang ke kampung halaman mereka. Karena untuk momen seperti ini, mendapat tiket jasa transportasi umum baik darat, laut, maupun udara tergolong lumayan susah. Bahkan ada yang sudah mempersiapkan tiket 2 bulan sebelum keberangkatan. Nah meningkatnya volume kendaraan di jalan raya sudah tentu dibarengi dengan meningkatnya resiko kecelakaan. Sudah bukan berita baru jika tingkat kecelakaan jalan raya meningkat kala musim mudik lebaran tiba.


Sebenarnya mudik bukanlah sebuah kewajiban karena toh kita tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga kita melalui komunikasi seluler, toh saat ini perkembangan smartphone juga begitu pesat dan operator jaringan seluler juga berlomba-lomba memberikan layanan jaringan seluler terbaik. Kita bisa saja melakukan video call untuk bisa bertatap muka dan bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman namun tetap kebanyakan orang merasa kurang tepat rasanya jika hanya bertatap muka melalui layar smartphone. Lebih pas rasanya jika bertatap muka langsung dan berjabat tangan dengan bercanda seraya menanyakan bagaimana kabar saat ini.

Oleh karena itu ketika melakukan kegiatan mudik anda tidak boleh kehilangan fokus sedikitpun ketika mengendarai atau mengemudikan kendaraan di jalan raya. Salah sedikit saja bisa sangat fatal akibatnya. Kalau sudah begini bukannya bisa sampai di rumah dan bertemu keluarga, bisa-bisa malah bertamasya ke RS atau klinik terdekat.

Persiapkan dengan matang apa saja yang anda perlukan ketika melakukan mudik lebaran. Anda bisa memulainya dengan mengecek kondisi kendaraan anda. Apakah siap untuk diajak melakukan perjalanan yang cukup jauh? Baik mobil atau sepeda motor sangat penting untuk dipastikan kelayakan pakainya karena ini juga menyangkut keselamatan anda di jalan. Kondisi permukaan ban, tekanan ban, kekencangan rantai, kondisi rem kendaraan bahkan oli dan aki kendaraan. Itu hanya sebagian kecil yang terlihat karena masih banyak faktor lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan jika anda lalai sedikit saja

Oleh karena itu sebelum memulai mudik lebaran anda alangkah lebih baik jika disiapkan dengan sematang mungkin sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Penting juga untuk selalu menjaga kesehatan karena mudik biasanya sangat menguras tenaga dan konsentrasi. Jangan dahulukan ego untuk bisa segera sampai di kampung halaman, tapi lebih baik nikmati waktu-waktu mudik anda bersama keluarga. Karena sesungguhnya waktu mudik lebaran adalah waktu anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga setelah anda bekerja keras selama hampir satu tahun. Apabila lelah, beristirahatlah pada rest area yang banyak tersedia ketika musim mudik lebaran. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan obat-obat cadangan jikalau ada anggota keluarga yang sakit ketika perjalanan.

Setelah semua persiapan diri beres, persiapan kendaraan beres... saya hanya bisa mengucapkan...

SELAMAT MENIKMATI MUDIK LEBARAN ANDA DAN SELAMAT IDUL FITRI
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SEMOGA PERJALANAN BRO AND SIS SEMUA SELAMAT DAN MENYENANGKAN
KEEP THE BROTHERHOOD AND CIAOOOO!!! 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.